PSIKOTERAPI

Psikoterapi merupakan metode-metode atau cara untuk membantu seseorang (klien) menyembuhkan atau setidaknya mengurangi gangguan-gangguan yang terjadi pada dirinya. metode-metode yang digunakan dalam psikoterapi ini semua berdasarkan ilmu-ilmu yang ada di kajian psikologi. Selain itu metode-metode yang digunakan dalam proses psikoterapi  saling berkaiatan satu sama lain, sehingga membentuk suatu sistem yang nantinya akan diaplikasikan terhadap klien. Tipe atau jenis metode apa yang yang akan diaplikasikan terhadap klien, tegantung jenis gangguan dan tingkat gangguan tersebut.

Dalam proses psikoterapi, yang terpenting adalah interaksi antara terapis dan klien. Interaksi tersebut terjadi biasanya saat jadwal pertemuan antara klien dan terapis. Proses interaksi tersebutlah yang menjadi ‘kunci’ dalam proses penyembuhan terhadap gangguan-gangguan klien. Mengapa? Karena pada saat pertemuan (interaksi terjadi) metode-metode penyembuhan dapat diterapkan secara efektif oleh terapis terhadap klien. Jadi semakin intensif (tetap terjadwal) pertemuan antara terapis dan klien semakin besar juga kemungkinan untuk sembuh (gangguan-gangguan tersebut hilang). Selain interaksi, kemauan dari diri klien untuk sembuh dan kapasitas terapis juga menentukan kemungkinan sembuh atau hilangnya gangguan yang ada.

Sumber : http://belajarpsikologi.com/sebuah-pengantar-psikoterapi/

http://id.wikipedia.org/wiki/Psikoterapi

Sumber gambar : http://oneiskcon.com/wp-content/uploads/2011/06/The-Couch.jpg

1 Komentar (+add yours?)

  1. andiny
    Mar 22, 2012 @ 10:38:23

    kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu http://www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: