Hubungan Arsitektur Komputer dan Kognisi Manusia

Perkembangan zaman yang cepat secara langsung ataupun tidak, menuntut kita sebagai manusia untuk dapat “mengolaborasikan” berbagai bidang ilmu yang nantinya dapat bermanfaat untuk kehidupan. Secara sadar atau tidak, dalam kehidupan sehari-hari kita telah melakukan “kolaborasi” tersebut. Baiklah, langsung saja kali ini kita akan membahas salah satu “kolaborasi” dari dua bidang ilmu, yaitu ilmu komputer dan psikologi. Lebih spesifik lagi yaitu arsitektur komputer dengan kognitif manusia. Kita akan membahas tentang hubungan antara dua bidang ilmu tersebut. Tetapi sebelum kita mengetahui apa hubungan antara arsitektur komputer dengan kognisi manusia, tidak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu arsitektur komputer dan apa itu kognisi manusia. Tanpa membuang waktu kita mulai dengan arsitektur komputer yang kemudian akan dilanjutkan dengan kognisi manusia

ARSITEKTUR KOMPUTER

Sebelum kita mengetahui apa definisi dari arsitektur komputer, mari kita bahas sedikit tentang evolusi arsitektur.

Evolusi Arsitektur

Di antara demikian banyak pemahaman tentang arsitektur, arsitektur dikenal juga sebagai suatu tradisi yang berkembang. Dari waktu ke waktu wajah arsitektur selalu mengalami perubahan. Hal-hal yang mempengaruhi perkembangan dan pengembangan arsitektur tidak hanya berupa keadaan eksternal, tetapi juga keadaan internal. Dsini kita membahas mengenai evolusi arsitektur pada komputer. Arsitektur dari komputer sendiri merupakan suatu susuan tau rancangan dari komputer tersebut sehingga membentuk suatukesatuan yang dinamakan komputer. Komputer sendiri berevolusi dengan cepat mulai dari generasi pertama hingga sekarang. Evolusi sendiri didasarkan pada fungsi atau kegunaanya dalam kehidupan. Evolusi pada komputer sendiri ada karena keinginan atau hal yang dibutuhkan manusia itu sendiri. Sekarang ini komputer sudah dapat melakaukan perintah yang sulit sekalipun tidak seperti dulu yang hanya bisa melakukan yang sederhana saja. Itulah yang dinamakan evolusi arsitektur yaitu perubahan bentuk juga fungsi dan kemampuannya.

Sampai saat ini komputer sendiri sudah mengalami perubahan dari model awalnya, walaupun begitu semua komputer memiliki arsitektur dasar yang sama. Skema komputer (computer schema), adalah diagram yang menggambarkan unit-unit dasar yang terdapat dalam semua sistem komputer.

Berikut gambaran skema komputer:

Definisi Arsitektur Komputer

Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache,RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.

Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Arsitektur komputer sendiri mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.

Berikut contoh atribut arsitektural komputer:

  • Set instruksi,
  • Jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan bermacam-macam jenis data (misal bilangan, karakter),
  • Aritmetika yang digunakan,
  • Teknik pengalamatan,
  • Mekanisme I/O.Arsitektur

Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:

  • Set instruksi (ISA)
  • Arsitektur mikro dari ISA, dan
  • Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.

Tingkatan Dalam Arsitektur Komputer

Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware dan software.

  • Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer

Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layersoftware ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software

  •  Multilayerd Machine

Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer hardware. Berikut tingkatan layer tersebut :

 a.      Physical  Device Layer

Merupakan komponen elektrik dan elektronik yang sangat penting

b.      Digital Logic Layer

Elemen pada tingkatan ini dapat menyimpan,memanipulasi, dan mentransmisi data dalam bentuk represeotasi biner sederhana.

c.       Microprogrammed Layer

Menginterprestasikan instruksi bahasa mesin dari layer mesin dan secara langsung menyebabkan elemen logika digital menjalankan operasi yang dikehendaki. Maka sebenarnya ia adalah prosesor inner yang sangat mendasar dan dikendalikan oleh instruksi program kontrol primitifnya sendiri  yang disangga dalam ROM innernya sendiri. Instruksi program ini disebut mikrokode dan program kontrolnya disebut mikroprogram.

d.      Machine Layer

Adalah tingkatam yang paling bawah dimana program dapat dituliskan dan memang hanya instruksi  bahasa mesin yang dapat diinterprestasikan secara langsung oleh hardware.

e.       Operating System Layer

Mengontrol cara yang dilakukan oleh semua software dalam menggunakan hardware yang mendasari (underlying) dan juga menyembunyikan kompleksitas hardware dari software lain dengan cara memberikan fasilitasnya sendiri yang memungkinkan software menggunakan hardware tersebut secara lebih mudah.

f.        Higher Order Software Layer

Mencakup semua program dalam bahasa selain bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan ke dalam kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan. Ketika diterjemahkan program seperti itu akan mengandalkan pada fasilitas sistem operasi yang mendasari maupun instruksi-instruksi mesin mereka sendiri.

g.      Applications Layer

Adalah bahasa komputer seperti yang dilihat oleh end-user.

KOGNISI MANUSIA

Definisi kognisi manusia

Kata kognisi berasal dari Istilah Latin: cognoscere, “tahu”, “untuk konsep” atau “mengenali” mengacu pada kegiatan untuk memproses informasi, menerapkan pengetahuan, dan perubahan preferensi. Kemudian kognisi dapat didefinisikan sebagai proses bagaimana manusia melihat, mengingat, belajar dan berpikir tentang informasi. Penggunaan istilah bervariasi di berbagai disiplin ilmu, misalnya dalam psikologi dan ilmu kognitif, biasanya mengacu pada pandangan pengolahan informasi fungsi psikologis individu. Selain definisi tadi, ada definisi lain tentang kognisi yaitu kognisi adalah sesuatu yang dipercaya dapat mempengaruhi sikap kemudian mempengaruhi perilaku atau tindakan mereka terhadap sesuatu, Kemudian berkembang menjadi kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa. Kapasitas atau kemampuan kognisi biasa diartikan sebagai kecerdasan atau inteligensi. Bidang ilmu yang mempelajari kognisi beragam, di antaranya adalahpsikologi, filsafat, komunikasi, neurosains, serta kecerdasan buatan.

Kognisi, atau proses kognitif, bisa alami atau buatan, sadar atau tidak sadar. Proses ini dianalisis dari perspektif yang berbeda dalam konteks yang berbeda, terutama di bidang linguistik, anestesi, neurologi, psikologi, filsafat, antropologi, systemics, ilmu komputer dan keyakinan. Dalam psikologi atau filsafat, konsep kognisi terkait erat dengan konsep-konsep abstrak seperti pikiran, kecerdasan, kognisi digunakan untuk merujuk pada fungsi mental, proses mental (pikiran) dan negara-negara entitas cerdas (manusia, organisasi manusia, mesin yang sangat otonom dan buatan kecerdasan).

Fungsi-fungsi kognitif

  • Atensi dan kesadaran

Atensi adalah pemrosesan secara sadar sejumlah kecil informasi dari sejumlah besar informasi yang tersedia. Informasi didapatkan dari penginderaan, ingatan dan proses kognitif lainnya. Atensi terbagi menjadi atensi terpilih (selective attention)dan atensi terbagi (divided attention). Kesadaran meliputi perasaan sadar maupun hal yang disadari yang mungkin merupakan fokus dari atensi.

  • Persepsi

Persepsi adalah rangkaian proses pada saat mengenali, mengatur dan memahami sensasi dari panca indera yang diterima dari rangsang lingkungan. Dalam kognisi rangsang visual memegang peranan penting dalam membentuk persepsi. Proses kognif biasanya dimulai dari persepsi yang menyediakan data untuk diolah oleh kognisi.

  • Ingatan

Ingatan adalah saat manusia mempertahankan dan menggambarkan pengalaman masa lalunya dan menggunakan hal tersebut sebagai sumber informasi saat ini. Proses dari mengingat adalah menyimpan suatu informasi, mempertahankan dan memanggil kembali informasi tersebut. Ingatan terbagi dua menjadi ingatan implisit dan eksplisit. Proses tradisional dari mengingat melalui pendataan penginderaan, ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang.

  • Bahasa

Bahasa adalah menggunakan pemahaman terhadap kombinasi kata dengan tujuan untuk berkomunikasi. Adanya bahasa membantu manusia untuk berkomunikasi dan menggunakan simbol untuk berpikir hal-hal yang abstrak dan tidak diperoleh melalui penginderaan. Dalam mempelajari interaksi pemikiran manusia dan bahasa dikembangkanlah cabang ilmu psikolinguistik

  • Pemecahan masalah dan kreativitas

Pemecahan masalah adalah upaya untuk mengatasi hambatan yang menghalangi terselesaikannya suatu masalah atau tugas. Upaya ini melibatkan proses kreativitas yang menghasilkan suatu jalan penyelesaian masalah yang orisinil dan berguna.

HUBUNGAN ARSITEKTUR KOMPUTER DAN KOGNISI MANUSIA

Hubungan antara arsitektur komputer dan kognisi manusia yang pertama adalah dalam penyusunan perangkat komputer (software dan hardware) dalam proses arsitektur komputer. Dapat dilihat dari definisi arsitektur komputer itu sendiri yaitu merupakan ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Jelas bahwa fungsi-fungsi kognitif manusia sangat diperlukan agar dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan tertentu. Arsitektur komputer sendiri juga mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program. Kemudian hubungan yang kedua yaitu secara disadari atau tidak keduanya menjalankan proses yang secara garis besar sama yaitu proses mengolah informasi. Fungsi-fungsi seperti pengenalan pola, atensi, kesadaran, belajar, memori, formasi konsep, bahasa/pemahaman, hingga digunakan untuk pemecahan masalah ada pada keduanya meskipun di”jelaskan” dengan istilah yang berbeda.

SUMBER:

Solso, Robert L., Maclin, Otto H., Maclin, M. Kimberlyn. (2008). Psikologi kognitif. Jakarta: Erlangga

Trisatya. (2011). Perbedaan organisasi komputer dan arsitektur komputer. http://joglio.blogspot.com/2011/10/tugas-organisasi-dan-aksitektur.html. (diakses, 5 Oktober 2012)

Firdus, Achmad. (2010). Arsitektur komputer. http://gogeul.blogspot.com/2010/04/arsitektur-komputer.html. (diakses, 5 Oktober 2012)

Fauzi, Ahmad. (2011). Arsitektur komputer. http://ozygazebo.blogspot.com/2011/10/arsitektur-komputer.html. (diakses, 5 Oktober 2012)

911. (2010). Fungsi-fungsi kognisi. http://curhat-911.blogspot.com/2011/12/fungsi-fungsi-kognisi.html (diakses, 5 Oktober 2012)

Karya Tulis. (2012). Definisi kognitif. http://karyatulis.singkatpadat.com/pengertian-kognitif.htm. (diakses, 5 Oktober 2012)

Purwanto, Didit Wisnu. (2010). Apa itu kognisi, konasi, emosi, gejala campuran, dan belajar serta berfikir. http://edukasi.kompasiana.com/2010/12/07/apa-itu-kognisi-konasi-emosi-gejala-campuran-dan-belajar-serta-berpikir/. (diakses, 5 Oktober 2012)

Suhendro, Eko. (2011). Pengertian kognitif. http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2174575-pengertian-kognitif/#ixzz28RN1FWSR. (diakses, 5 Oktober 2012)

 

Furqon, Muhammad. (2010). Makalah arsitektur komputer. http://www.scribd.com/doc/34517583/Makalah-Arsitektur-Komputer. (diakses, 5 Oktober 2012)

https://docs.google.com/viewera=v&q=cache:HZuRXoUmJbkJ:yohanes_ari.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/5592/pemrosesan%2Bkomp.pdf+arsitektur+komputer&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESjexwaoA4UjQ6Mj3LFAcbQLDA1zjND6sZUuvaIeYNSeS5ojft7_RdREOxCoH6YP3gJCdngXYSwCISPhuj0z2k0OYH2PGtKPxaP2CPYAbMA9a49XWjbv5vkITtRvtezMKn_U24CR&sig=AHIEtbRJ6c7iR6ncSKAkFUQSEra9VxDt8Q. (diakses, 5 Oktober 2012)

https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:4seP8TUgBS4J:tugaskuliah.googlecode.com/files/HandOutArsitekturKomputer.pdf+definisi+arsitektur+komputer&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESg59rPKiVfqxj72yw7pBFTggyNX8ns6Uea4IA6Pqxmmzw805Hqv6c5KvhTE6kQdqMLV_6-OrM3BbPXtRenBMFh9YIbUEbB45Lsp49Ri9gzoVBs3N3RD8dsuZBrJmFmatNE4b4Ol&sig=AHIEtbQ8WDh1n4U8HpE9iOrOnWbCK4Mm2w. (diakses, 5 Oktober 2012)

http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer.(diakses, 5 Oktober 2012)

http://id.wikipedia.org/wiki/Kognisi. (diakses, 5 Oktober 2012)

http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi_kognitif. (diakses, 5 Oktober 2012)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: